Indonesia, Library, Library Visit

{Library Visit} Korean Cultural Center Indonesia Library

KCCI

Bukan. Kunjungan ini bukan karena gue yang tergila-gila sama Korea. Sebenernya, ini udah mager banget buat nyari perpustakaan khusus yang available dan enak tempatnya. Jadi, ya perpus KCCI ini dijadiin sasasran buat objek kunjungan. Dulu, waktu jaman maba *uhuk*, gue bareng temen-temen yang lain sering banget kesini. Entah buat jalan-jalan karena jurusan kita terlalu nggabut, tugas observasi perpustakaan juga, atau sekedar main internet *yang ini kurang kerjaan*

Continue reading “{Library Visit} Korean Cultural Center Indonesia Library”

Advertisements
Indonesia, Library, Library Visit

{Library Visit} Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Library

USBI

Ada yang tahu Universitas satu ini? Mungkin, bagi kalian yang tinggal di daerah jarang kali yang tahu universitas ini. Tapi, kalau denger kata Sampoerna pasti kalian tahu dong? Nah, ini adalah pengembangan dari SSE dan SSB dari Sampoerna Foundation. Perpustakaannya sendiri terletak di Jalan Mt. Haryono Kav. 58-60 Jakarta. Begitu masuk, langsung deh. Brrrr. Dingin dan yak~ bertemu langsung abang satpam *modus dulu* #eh nggak ding, langsung ke perpustakaannya yang ada di samping kiri. Yuk~ Ikut masuk ke dalam 😀

Continue reading “{Library Visit} Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Library”

Digital Library, Library

Implementasi Teknologi Primo V.2 dan V.3 di Perpustakaan Universitas Yonsei, Korea Selatan : Sebuah Studi Kasus

Yonsei University

 

One day, I’ll be here!

 

Buset dah. Itu adalah judul artikel terpanjang yang pernah saya bikin. Dan yah~ Nggak tahu karena keasyikan bikin artikel atau emang doyan sama materinya, saya jadi nulis panjang lebar padahal bahan bacaan yang saya baca nggak sebanyak temen-temen lainnya. Sebenernya, ini adalah tugas dari dosen MPD (baca : Manajemen Perpustakaan Digital) *keren ya?* dalam rangka UTS. Okelah.

Continue reading “Implementasi Teknologi Primo V.2 dan V.3 di Perpustakaan Universitas Yonsei, Korea Selatan : Sebuah Studi Kasus”

Digital Library, Library

Membangun Perpustakaan Digital di Indonesia. Mungkinkah?

images (9)

Apa itu Perpustakaan Digital?

Perpustakaan digital? Apa itu? Sebuah perpustakaan dengan koleksi digital? Benar. Kita bisa mengartikannya secara harfiah bahwa perpustakaan digital itu memang seperti itu. Tapi, apakah pada kenyataannya seperti itu?

Secara harfiah, kita bisa mengatakan bahwa perpustakaan digital adalah koleksi dari dokumen/objek digital. Namun, Smith (2001) mendefinisikan perpustakaan digital sebagai sebuah koleksi terorganisir dan terfokus dari objek digital, termasuk teks, gambar, video dan audio, dengan metode akses dan temu kembali dan untuk pemilihan, penciptaan, organisasi, pemeliharaan dan berbagi koleksi.

Dalam hal pemeliharaan objek digital tersebut bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan teknologi informasi yang memadai agar memudahkan pengguna untuk akses informasi yang dibutuhkan.

Secara cepat, informasi dibuat dan diberikan dalam format digital (tanpa mengubahnya ke dalam format kertas). Peralihan ini memerlukan perubahan secara cepat dalam alat dan peran perpustakaan (Beard, 1995).

Continue reading “Membangun Perpustakaan Digital di Indonesia. Mungkinkah?”