{Food Recipe} Spaghetti Carbonara

CAM00016

Hai hai! Udah lama juga ya nggak ngepost sesuatu yang random. #halah. Duh, jadi laper. Trus apa hubungannya? Ya kudu makan itu mah kalau begitu. Apalagi, kalau makanannya enak. Yum yum. Mammamia lezatos. Eh, tapi tapi. Ini udah tanggal 21. Itu artinya… Kudu menghemat! Tapi, pengin makan enak. Gimana dong?

Nah, kali ini gue mau berbagi salah satu resep favorit anak kosan Pak Haji Unyu. Iya, kosan gue. Resep ini sebenernya dikasih tahu sama temen gue, Irna yang ternyata dapet resep turunan dari Aini Eonni[1]. Makasih, Eonni. :3

Tunggu dulu. Spaghetti kan mahal. Masa makannya spaghetti? :O

Eits, jangan salah. Justru ini salah satu makanan yang kalo share cost termasuk yang cukup murah. Mau tahu berapa? Kalian bisa urunan dengan dua teman kosan kalian sebanyak 7000 (tujuh ribu) rupiah saja! Hah! Yang bener aja? Bener dong. Makanya, ini mau dikasih tahu cara masaknya.

Bahan-bahan :

CAM00205merk di atas hanyalah contoh. gue bukan sponsor ya teman-teman. hihi.😛

  • Mentega/minyak goreng
  • Spaghetti 225gr
  • Sup krim rasa ayam (boleh diganti sesuai keinginan)
  • Keju cheddar
  • Sosis ayam (optional)
  • Bawang Bombay
  • Bawang putih

Cara memasak :

1. Siapkan semua bahan tersebut diatas. Jangan sampai ada yang ketinggalan yah~

2. Potong bawang Bombay dan bawang putih. Untuk bawang putih, cincang kasar.

CAM00209

3. Siapkan panci untuk merebus spaghetti. Setelah air mendidih, masukkan spaghetti ke dalam panci. Tunggu sekitar 5-10 menit. Tiriskan.

1408640607142

4. Siapkan mentega/minyak goreng. Tumis bawang putih terlebih dahulu, kemudian masukkan  bawang bombay. Lalu, masukkan sosis ke dalamnya.

 

5. Siapkan mangkuk dan masukkan sup krim ke dalam mangkuk. Tuang air ke dalam mangkok secukupnya, lalu aduk hingga merata.

6. Setelah merata, masukkan adonan sup krim ke dalam wajan yang berisi tumisan bawang dan sosis tadi.

CAM00213

7. Aduk hingga merata. Jika dirasa kurang air, bisa ditambahkan sesuai selera. Tapi, ingat. Jangan sampai terlalu encer.

8. Parut keju cheddar untuk menambahkan rasa.

9. Spaghetti selesai! Siap dihidangkan.

CAM00015

Nah, kan. Gampang sekali, bukan? Biasanya, gue suka memasukkan bon cabe dan saos sambal supaya rasanya nggak terlalu plain. Maklum, gue suka banget sama pedes. Hehe.

Masih ada yang nggak percaya itu cuma 7ribu? Nih, aku kasih kalkulasinya biar tambah percaya.

Spagethi 225gr : 7500

Sup krim : 7500

Keju cheddar mini : 5000

Bawang bombay : 2000/biji

Total : 22ribu/3 : 6,6 dibulatkan menjadi 7 ribu. 

*harga bahan dapat berubah sewaktu-waktu*

Tuh, nggak bohong, kan? Lah, tapi kan ada mentega, bawang putih, dan sosis? Itu nggak diitung juga? Untuk soal itu, kan optional. Jadi, bisa ditambahkan atau tidak. Kalau mau ditambahkan ya biayanya naik. Kalau nggak, ya nggak. Buat kalian yang nggak begitu suka bawang bombay juga kan bisa nggak pakai bawang bombay. Atau yang ngerasa pake keju itu buang-buang uang, ya tinggal nggak usah pake keju. Tuh, bisa lebih murah malah. Tinggal gimana kreasi kalian aja. Buat yang makannya termasuk ukuran sedang, spagethi 225gr cukup untuk bertiga. Buat yang porsi makannya mini, mungkin bisa berlima. Nah, loh. Bisa lebih murah, kan? Eh, tapi kalau biasa makan porsi gajah, ya gue saranin yang ukuran 500gr. Hehehe.

So, this is my favorite recipe. What about you? Cheap price, luxury taste.

 

Sampai jumpa di resep berikutnya. Ciao!

 

[1] Panggilan kakak perempuan oleh perempuan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s