Media Playing: A Fast Way to Create Brand Image

media playing

Jangan takut dulu ngeliat judul yang emang kayaknya agak ‘lebai’ itu. Bahasan yang bakal gue bahas kali ini nggak bakal bikin kalian mual sih. Hanya saja, gue perlu teori untuk mendukung bahasan gue biar lebih sempurna. #apabanget #masihkebawaUAS.

What is media playing?

get (1)

Masih pada nangis di pojokan para penggemar Baekhyun? Taeyeon? Atau malah dari dulu udah ngeshipper pasangan ByunTae ini? *LOL, Byuntae!* Nah, apakah kisah percintaan mereka yang terbongkar oleh paparazzi dispatch merupakan kisah buatan atau beneran hayo? Fangirl yang patah hati sih maunya boongan yah. Tapi, kalo yang biasnya mereka ya nggak boleh boongan itu ceritanya. #lah

Gue sih nggak bakal berkomentar soal hubungan mereka ini yah. Banyak fangirl yang udah komentar baik pro atau kontra. Fokus gue disini ya peran media playing itu sendiri terhadap image yang dibentuk.

The media plays a very significant role in our society today.

Iyap! Kita percaya itu. Lihat kan sekarang betapa sosial media menjadi salah satu acuan sumber informasi bagi kita? Berapa kali kalian kecele atau salah sangka sama berita gegara baca judul tapi nggak baca isi berita? BANYAK!  Makanya, gue selalu baca dulu sebuah berita sebelum memberikan pernyataan yang mungkin bakalan bikin kita keliatan bodoh karena “nggak baca konten” berita itu. Malu kan kalo ketahuan? Iyalah. Iya banget.

Makanya, pas fangirl girang pada heboh dengan berita Baekhyun jadian sama Taeyeon, gue nggak langsung ngiyain aja. Udah tahu sih sebenernya gosip ini dari lama. LOL. Tapi, sebagai anak perpustakaan yang baik dan luhur *halah*, gue memutuskan untuk kroscek. Dan ternyata benar! SM mengklarifikasi berita mereka jadian. Ih, wow! SM gitu loh. Yang tingkat deniable terhadap dating sesama anggota agensi tinggi. Dengan pasrahnya mengakui semua itu. Why? Oh, why? Jawabannya mungkin nanti bakal kita temukan di pembahasan alasan pentingnya media playing.

Seperti udah dijelasin di atas. Media playing.  Industri K-pop sekarang ini emang lagi gede banget. Tahu sendiri hallyu udah menyebar ke seluruh dunia dan para alayer pun beraksi. #plak *salahfokus*. Intinya, K-pop bukanlah sembarang industri. Kenapa? Karena K-pop memiliki peran besar dalam pendapatan negara. K-pop adalah salah satu devisa negara yang nggak boleh diabaikan begitu aja. Dan SM adalah salah satu manajemen artis terbesar di Korea sono. Tapi, apa SM bisa bertahan kalo saingan baru terus muncul?

Nah, disinilah kemunculan media playing. Secara gampangnya, media playing itu adalah alat yang digunakan untuk membuat public menyadari keberadaan kita dengan sebuah berita, entah berita itu bohong atau dibikin hiperbola. SM paling jago nih kalo bikin kaya gini. Nggak perlu kali ya disebutin satu-satu. Banyak buktinya.

Ada beberapa analisis yang nyangkut di otak gue terkait media playing:

  1. Mereka butuh disadari keberadaannya

2014534140154710300Wassup Nari yang ngaku dituduh jadian ama Sehun? LOL

Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang baru berdiri atau sedang mulai terkenal. Biasanya, tiba-tiba member boyband/girlband mereka terlibat survey yang entah diadakan oleh siapa sebagai idol yang paling ingin dinikahi misalnya. Atau, dengan bikin gosip sendiri kalau salah satu member girlbandnya diisukan ngedate sama member boyband terkenal kaya di berita INI misalnya.

  1. Mereka mau menutupi sebuah kejadian yang lebih besar

20140619_1403139400_64841800_1_99_20140619144817Ayo pada move on!

Kalo menurut sumber yang dipercaya, berita Baekhyun yang ngedate sama Taeyeon sengaja dikeluarin buat nutup skandalnya Baekhyun yang minum-minuman keras saat dia masih di bawah umur. Sayangnya, berita itu keluar juga dan malah bikin netizen tambah kesel sama dia. Nah, kan? Lee Hyori pernah bilang, alasan seorang artis mengiyakan sebuah skandal untuk dirilis ke publik adalah untuk menutupi skandal lain yang lebih besar. So? Ada skandal besar apalagi yang SM punya? Hm~

  1. Mereka mau melakukan promosi untuk sebuah kegiatan yang butuh perhatian besar

2014062001002127400141411_99_20140619130306J-Min, solois SM yang mau debut

Nah, kalau yang ini sih udah biasa. Nggak hanya manajemen kecil yang melakukan hal seperti ini. Manajemen besar pun juga begitu. Gue pernah ngetweet kalau SM bakalan ngerilis album atau “berita baik” setelah melepas sebuah skandal untuk “dimakan” khalayak umum. Kaya berita ngedate-nya ByunTae ini. Setelah itu, SM ngerilis berita kalau mereka bakal ngedebutin penyanyi solo (walaupun sebenernya cewek ini udah debut di Jepang sejak 2007) dan Super Junior bakalan comeback. Untuk agensi yang belum terkenal, biasanya mereka bikin gosip sendiri. Dan bikin pernyataan sendiri. Seolah-olah, artis di manajemen mereka sudah mendapat perhatian dari publik. Walaupun nyatanya, tidak.

Finally, kesimpulannya Baekhyun emang ngedate sama Taeyeon. #lah. Sebagai fans, ya nggak bisa apa-apa. Toh, kalo nilai UN kamu jelek, Oppa nggak bakal bisa hibur kamu, kan? Nggak bakal bisa rubah nilai kamu yang jelek itu, kan? #jleb

Tentunya, sebagai manajemen artis yang profesional, SM *cough* harusnya bisa memperhitungkan dengan baik pengaruh media playing yang mereka lakukan dan reaksi yang nantinya akan ditunjukkan oleh publik. Akan ada dua reaksi keras. Nggak selalu berujung baik. Ibaratnya, SM ya kaya main judi. Kalau berhasil media playing-nya, yo lanjut. Kalo nggak, harus puter otak supaya reaksi keras publik nggak merugikan perusahaan secara signifikan.

Dan jelas sekali. Media playing sekarang ini merupakan salah satu kekuatan paling penting dalam masyarakat dan mampu memberikan perubahan, baik secara sosial bahkan sampai level pemerintahan. Banyak black campaign atau negative campaign yang beredar di media sosial kalian, bukan? Kalian juga pasti sering terpengaruh dengan artikel yang muncul tentang kedua jenis kampanye itu, bukan?

Trus gegara gosip ini Kris jadi ojek payung. Abang ojek yang terlupakan. LOL.

b711e4b0d1381bff41d57b06edecc6d3Neng, ojek neng? 

Anyway, buat kalian para fangirl. Siap-siaplah untuk berpatah hati ria. Dispatch, merilis gambar mata para idol yang skandal ngedatenya bakal dipublish ke publik. Syalalala~

 Screenshot_2014-06-20-13-40-14Yuk, main tebak-tebakan! XD~ 


6 thoughts on “Media Playing: A Fast Way to Create Brand Image

  1. Setuju sih ama nih artikel ya eon..
    Dibilang patah hati sih lebay kalo kecewa iya..
    Sebodo amatlah kamu mau ngedate sama sapa yg penting orang baik..
    Tapiyg bikin kecewa sampe skarang kasus kris aja belum ada klarifikasi gimana akhirnya..
    Jadi sebel juga..

  2. Siwon? Minho? Omo! Itu mata mereka berdua.. ada yg dari shinee lagi.. entah key atau onew.. mreka pny tipe mata hampir sama x_x

  3. hmm.. Emang terkadang mereka itu suka lebay ngeluarin berita dan klarifikasinya juga lama bangettt.. Bikan fans greget sendiri. Sebenernya gamasalah kalo artis2 ini punya pacar atau engga, kalo kita mau nyegah2 atau larang2 mereka, toh ga berpengaruh banyak sama hidup mereka. Kita itu kaya embe yg disuguhin rumput rasa daging terus2an, gadimakan tapi kita butuh, dimakan rasanya gaenak.

    1. haha. kok kaya kambing? iya. soalnya industri hiburan disana emang bener-bener krusial. kaya industri tambang disini deh. harga saham jatuh, ya kamu ga bisa liat oppa lagi. ga mau kan? makanya, sm klarifikasi hubungan mereka setelah saham mereka naik.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s