{Smart Tutorial} Ketika Laptop Tidak Bisa Connect Wi-fi

wifi

Wifi adalah barang yang nggak bisa lepas dari orang kaya gue yang suka download. Apalagi, kalo itu gratisan dan masuk fasilitas kampus. Nyah! Sebagai mahasiswa yang baik, kita harus bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan kepada kita dengan baik dong. Nggak boleh kelewatan sama sekali kalo yang satu ini. Apalagi, sebagai seorang fangirl garis keras yang menyadari bahwa video downloadan akan bertambah setiap menitnya. #plak

Jadi, masalah besar gue hari ini adalah dengan semangat sudah mengisi full batre laptop supaya pas lagi nunggu dosen masuk kelas, bisa download dulu. Eh, ternyata network not available. Affaaahh!!

Tengok kanan, tengok kiri. Gue pun tanya ke temen-temen gue yang bawa laptop hari ini (karena ada kelas lab). Trus, mereka bisa connect dong. Apa dong yang salah sama gue? Apa karena gue udah nge­-list­ daftar downloadan begitu banyak? Biasanya tidak masalah kok. TT_TT

daftar tunggu

daftar tunggu download yang belum sempet kedownload TT_TT

Kebetean gue bertambah karena sampai pulang ke kosan pun laptop gue masih nggak bisa connect wifi. Padahal, udah gue coba restart, on-off mode airplane laptop gue. Dan saat gue coba connect ke modem, laptop gue oke oke aja. Apa salah gue? Nah, pas temen sekamar gue si Nanda pulang, gue minta dia buat ngaktifin wifi. Gampangnya, buat mancing si wifi ini buat keluar. Tapi, ternyata si wifi masih bersembunyi ria. Gedeg banget gue!

googlinggoogle, kunci dari segalanya :*

 

Tenang. Selama masih ada google, semua masalah pasti terpecahkan. Akhirnya, gue nyari di google dengan kata kunci ‘why my notebook cannot detect wifi’. Langsung deh muncul beraneka macam link. Di bagian paling atas, bahkan terlihat permasalahan yang sama, dia nggak bisa connect wifi, tapi temen yang lainnya bisa. Sebagai alternatif, gue klik link yang lainnya. In case, kalau link yang pertama nggak bisa ngasih bantuan sama sekali.

wifi1bahasanya aneh, bikin bingung. -_-

Setelah, gue buka link pertama. Muncullah seperti di atas. Trus gue bingung. Bahasa Inggrisnya sih ngerti. Tapi, karena gue pake windows 8, everything seems to be blind! Gue nyerah. Pindah ke link kedua yang seperti ini.

wifi2cara kedua, cukup efektif!

 

Gue ikutin langkahnya. Lah, laptop gue udah unable kok. Masih nggak connect juga? Gue pun bikin laptop gue disabled dulu. Trus gue bikin enable lagi. Dan voila! Laptop gue bisa menemukan sinyal wifi kosan sebelah! Yahoo~~

Jadi, caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke dalam control panel, lalu di search box, ketik adapter. Setelah itu, pilih Network and Sharing Center >> View network connections 

adapter

 

2. Setelah masuk, terlihat ada Wi-Fi. Nah, statusnya not- connected.

not connected

3. Klik kanan Wi-Fi, lalu jadikan enable. Eh, udah enable kok masih belum muncul juga sinyal wifinya? Nah, sekarang coba kamu klik disabled. Setelah itu, klik enable lagi.

Untitled

4. Cek network connection. Udah muncul wifinya! >.<

network

Akhirnya, laptop gue kembali normal dan gue pun besok (atau kapanpun itu) bisa mendownload daftar tunggu yang ada. Kuncinya, jangan menyerah karena google selalu ada untukmu. #halah

 

This writing is made while listening to Anggun-La Neige au Sahara. Try to listening the song there. It’s a catchy song! >.<  

 

 


2 thoughts on “{Smart Tutorial} Ketika Laptop Tidak Bisa Connect Wi-fi

Leave a Reply

