{Random Talk} Zarb Ava, Listen Through Iranian Music

1

Kemarin adalah hari Rabu. Gue dengan ngantuk berangkat ke kampus dan sempet tidur di kelas bapake dosen yang baik hati. Maklum, masih belum bisa move-on dari liburan panjang dimana gue bangun paling cepet jam 10 pagi. Itupun karena gue merasa laper. Hah! Di siang hari, setelah makan siang dan kumpul dengan anggota simpatisan fangirl lainnya, kita pun memutuskan untuk menonton acara musik gratis yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Iran.

Acara ini sendiri tampaknya sudah memiliki penggemar tersendiri. terbukti dari jumlah penonton yang datang. Untungnya, gue berhasil dapet tempat duduk di depan dan mendapat akses pemandangan (?) yang lebih jelas.

IMG-20140212-WA0008para fangirl dan fanboy yang udah nggak sabar nunggu penampilan idolanya 

Sebelum dimulai, kita juga diberi lirik lagu dalam bahasa Indonesia. Kalau diartiin sih emang rada gimana gitu. Puitis yang ewww. Nggak banget. Tapi, setelah dicerna ulang (emang makanan), liriknya ternyata lebih banyak berbicara tentang Tuhan karena aliran musiknya aja sufistik.

IMG-20140212-WA0004lirik lagu berhologram Zarb Ava. Sambil mikirin ntar mau fanchant apa selain ‘nangam. nangam’

Acara dimulai dengan pembawa acara yang kemudian meminta kepala Program Studi Arab untuk memberikan sambutan dengan menggunakan bahasa Inggris. Sayangnya, mungkin si Bapak udah lama menggunakan bahasa Arab. Jadi, ketika beliau berpidato, jadi kelihatan kayak Arish (Arab-Inggris). Bahasa Inggris berlogat Arab. Kan saya jadi bingung. @.@

IMG-20140212-WA0010Bapak Kaprodi Arab yang nggak ketinggalan buat promo kelas Persia Dasar

Sambil sesekali si pembawa acara ini ngomong pake bahasa Persia yang ternyata beda banget sama bahasa Arab! Iya, gue pikir beti (beda tipis) gimana gitu. Ternyata, berbeda. Agak ke-Eropaan kalau dibilang. Seperti bahasa Ibrani yang kalau bilang Salam jadi Shalom. Ketika si duta besar memberikan sambutan juga mengucapkan Iron bukan Iran.😮 Sayang banget, mata kuliah ini gue drop karena tabrakan sama kuliah wajib. Yassalam. 

IMG-20140212-WA0007pembawa acara yang dengan semangat ngajakin kita buat fanchant #eh

IMG-20140212-WA0009Didampingi mas interpreter. Jago gilak bahasa Persianya. *.*

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Iran yang didampingi oleh interpreter. Dugaan gue bener. Dia nggak ngomong bahasa Inggris sama sekali. Melainkan bahasa Persia. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan rasa senangnya karena mendapat sambutan yang baik dari kita para mahasiswa karena ada ketertarikan untuk mendengar musik Iran.

IMG-20140212-WA0006Cowok yang lagi moto itu duta besar. Bukan sasaeng fans loh yah~

Band yang ditunggu pun akhirnya muncul. Zarb Ava yang jika diartikan adalah adalah alat musik yang dimainkan bisa dinikmati bersama dengan suara merdunya ini, terdiri dari enam orang anggota. Ada yang bermain semacam jimbe, semacam sitar (tapi dipetik dengan alat pukul), biola khas, satu orang vokalis (yang berbaju kuning), gitaris (ini yang paling ganteng dan bergaya boyband abis) #plak, dan pemain suling yang merangkap jadi vokalis juga.

MC kemudian memperkenalkan nama mereka satu persatu beserta alat musiknya dan intro pun dimulai. Musik mereka sendiri adalah musik khas Iran dengan lirik yang beraliran dakwah jika dilihat dari lirik lagunya. Dari tiga lagu yang sempet didenger, musik mereka menggunakan intro yang cukup panjang baru kemudian menyanyikan lagunya. Atau, jika tidak menampilkan penampilan gitar solo dan semacam rebana solo seperti ini.

IMG-20140212-WA0005 Solo perform, yeah~

Akhir cerita, gue dan para admin(?) grup nggak bisa lama-lama karena ada yang mau masuk kelas atau rapat kaya gue. Yaudahlah. Tiga lagu pun cukup untuk penampilan debut mereka di kampus gue. Sebagai kenangan, nggak lupa buat foto di depan x-banner bareng Dhani. Yehet!

IMG-20140212-WA0001

p.s : postingan di atas ditulis dalam keadaan absurd, alay, dan mengharapkan belaian (?) Luhan. Jadi, kalau agak ngarang dimaklumin karena saya adalah fangirl delusional. thanks to nenek (bukan nama sebenarnya) dan simpatisan Sehun garis keras yang entah kenapa bisa ikutan nyasar bareng di audit gedung IX. 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s