{Random Talk} DBSK : Between Memories and Popularity

redocean

source pic : here 

Emm. Uhuk uhuk. Tes mik. Tes. Halo~ Satu dua tiga. Kalo dari judulnya, tsaaah. Keren bener, yah? Tapi, nggak tahu deh ntar kalau udah masuk konten alias isi tulisannya. Gue yakin, banyak cassie di luar sana yang menulis soal mereka lebih baik dari gue.😥 Dan jelas banget, gue nulis di saat semua orang sudah ngeributin soal mereka dari beberapa hari yang lalu. Gue masih berkalem ria merenungkan tentang mereka kembali. Rasanya, seperti flashback ke 10 tahun lalu. Dimana gue masih SMP dan menjadi ababil garis keras pecinta DBSK (bukan sasaeng karena gue gak punya duit buat nyusul mereka ke Korea).

Gue pun mencoba untuk mengupas(?) lebih dalam profil mereka. Mungkin bisa membantu kalian-kalian yang lagi pusing bikin skripsi dalam membuat pertanyaan? #eh

Siapa sih sebenernya DBSK?

dbsk1

jaman celana jeans dombreng bergambar muka masing-masing.😄

Yang jelas mereka bukan caleg atau calon presiden yang terbentuk berdasarkan koalisi. #halah. Mereka adalah boyband. Yap! Mereka adalah boyband. Lebih jelasnya, om wiki mendeskripsikan mereka seperti ini :

dbsk

DBSK ini terdiri dari lima orang member (pada awalnya), yakni U-know Yunho, Jaejoong, Micky Yoochun, Xiah Junsu, Shim Changmin. Mereka merupakan boyband yang terkenal di jamannya kala itu. Debut di akhir tahun 2004, ketika senior mereka (BoA) mengadakan konser. Lagu debut mereka yaitu Hug sukses mendapatkan hati para fans, termasuk gue yang kala itu mengenal mereka di majalah Asians*ar edisi 36 (masih inget edisinya gue).

Awalnya, gue nggak aware sama mereka. Ya maklum. Dulu, masih ngebet banget sama yang namanya K-Drama dan belum ada minat sama sekali buat ngelirik boyband korea karena emang saat itu gue lagi seneng-senengnya sama boyband Taiwan kaya 5566 gitu. #halah

Trus, karena majalah itu membahas tentang Princess Hours (yang saat itu lagi tayang di stasiun tivi ‘ikan terbang’) gue pun akhirnya membelinya meskipun harus nabung dulu selama sebulan (uang jajan gue masih 2000 rupiah dulu. Itu aja udah sama ongkos angkot. #malahcurhat).

 

Nah, dari sinilah awal mula gue kenal sama DBSK dan Super Junior (yang gue tau setelah cari info tentang profil Choi Si Won). Majalah ini, emang kayaknya lagi punya program buat ngenalin DBSK di penjuru Asia (atau dibayar sama SM gue nggak tahu. :P) dan disini diselipin deh video klip pertama mereka, Hug yang asli! Enak banget buat didengerin lagunya. Sialnya, daya hapal gue terhadap cowok Korea masih rendah dan gue (awalnya) nganggep kalo mereka ini sebenernya adalah kakak beradik atau sepupuan yang membentuk sebuah boyband saking miripnya muka mereka. Jadi, gue sering sambil nonton video klip, liat profil mereka di majalah. Hingga akhirnya, gue hapal juga. =..=

Apa sih yang bikin gue suka sama mereka?

dbsk-ballons

Apa yah? Mungkin karena mereka ganteng (jelas) dan boyband saingan mereka di majalah Asians*ar waktu itu si SS501 yang menurut gue lagunya nggak easy listening banget meskipun membernya ganteng juga. Dan baru kenal Suju setelah udah jatuh cinta sama mereka. Jadi, ya udah. Gue mutusin buat ngikutin grup yang satu ini aja dulu.

Dan setelah gue ngikutin mereka lebih lanjut, ternyata mereka… sakit jiwa! Hah? Kok bisa? Ya, bisa. Maksud gue gini. Di panggung mereka emang perfetto! Molto benne! Ah, semua kosakata Itali dasar gue mungkin nggak akan cukup buat muji kemampuan mereka di atas panggung.

Tapi, setelah melihat mereka di reality show dan acara-acara off air lainnya, rasanya gue makin jatuh cinta dengan kedodolan mereka. Gue nggak salah duga, kalo mereka memang pada akhirnya jadi boyband yang nge-hits banget di Korea. Leading boyband lah istilahnya. Mereka unik, punya suara oke, wajah jangan ditanya. Popularitas mereka bener-bener meroket! Sayangnya…

 

And, when they apart…

dbsk and jyj

 

Ini mungkin salah satu masa tersedih dalam hidup gue (duileh). Mereka berpisah tanpa mengucapkan apapun sama gue (lah, siapa gue?.___.)

Yap, bener banget. Mereka berpisah. Pada tahun 2009 tiga member DBSK yakni Micky, Xiah, dan Jaejoong memisahkan diri dari SM Entertainment (perusahaan tempat mereka bernaung) karena menganggap kontrak mereka yang tidak sesuai dan sebagainya

Sedih ya? Padahal, mereka adalah salah satu alasan kenapa gue milih kuliah di UI daripada yang deket rumah *uhuk* *nggak sebut merk* *uhuk* karena gue pengin banget nonton konser mereka di kemudian hari. Tapi, kenyataan pahit itu datang menderaku. Mendera diriku yang hina ini (apasih).

Sebagai fans, yang meskipun sekarang sudah mencoba move on untuk tidak berharap lebih, gue tetep berharap, mereka tetap mempunyai hubungan baik. Terlepas dari hubungan tidak baik antara SM dengan JYJ itu sendiri. #tsaah

Semoga di saat gue tua nanti, gue bisa cerita ke anak cucu gue, ini loh boyband paling terkenal yang gue suka dan mereka akan selalu ada di hati dan pikiran gue.😥 Dan ini, ada hadiah dari SM buat Cassie (ceritanya).

#동방신기와10년


Leave a Reply

