{Sunday Sugar} Sasaeng : Ketika Fans dan Idola Sudah Tidak Ada Batas

fangirl

Baiklah baiklah. Abaikan kata Sunday Sugar diatas karena saya juga nggak ngerti. Mungkin karena saya ingin bikin postingan lebih hidup dengan membuat judul yang menarik. LOL. Anyway, saya juga berharap kalau hari Minggu kalian akan semanis saya. #plak

Dan, entah ada angin apa, atau kolor siapa yang dicuri kali ini *plak*, saya ngerasa mungkin ini adalah saat yang tepat untuk keluar dari rawa-rawa dan memberikan informasi penting ini. *halah* Tapi, sebelum mengenal lebih jauh apa, siapa, dan bagaiman bentuk dari seorang sasaeng, lebih baik kita membedah satu persatu hal yang berhubungan dengan mereka sebelum akhirnya menjurus ke arah sasaeng.

Apa itu fan? Kipas angin? Eh, bener, kan? Sejak zaman SD, setau saya fan ya kipas angin. Memangnya ada arti yang lain, ya? Tapi, kayaknya di era fangirling seperti sekarang ini, fan bukan hanya berarti kipas angin. Tapi, sudah mengalami perluasan kalimat.

fan

“A fan, sometimes also called aficionado or supporter, is a person who is enthusiastically devoted to something, such as a band, a sports team or entertainer. Collectively, fans of a particular thing or person constitute its fanbase or fandom. They may show their enthusiasm by being members of a fan club, holding fan conventions, creatingfanzines, writing fan mail, or by promoting the object of their interest and attention.” —wikipedia

 

“Fan, yang kemudian juga sering disebut sebagai aficionado atau pendukung, adalah orang yang mengkhususkan diri untuk menyukai sesuatu secara antusias, seperti sebuah band, tim olahraga, atau entertainer. Secara kolektif, penggemar hal tertentu merupakan anggota fanbase atau fandom. Mereka menunjukan antusiasme dengan menjadi member fan club, datang pada perkumpulan fan, fanzine (non official publication), menulis surat penggemar, atau mempromosikan objek dari minat dan perhatian mereka.” 

Disini sudah cukup jelas, kan? Apalagi, untuk kalian yang menggemari k-pop dan j-pop atau semacamnya. Pasti hal ini bukanlah hal asing lagi di mata kalian. Pertanyaan pertama kalau ketemu atau nggak sengaja bertemu lewat situs jejaring social adalah : fandomnya apa? Suka sama siapa? Biasnya siapa?

Well. That’s such a common question, right?

Fan itu sendiri kemudian dibedakan menjadi dua jenis. Fanboy (para fans cowok) dan fangirl (para fans cewek). Dari namanya aja udah beda, kan? Apalagi tingkah laku kedua jenis fans ini terhadap para idolanya. Nah, dari kedua jenis kelamin tersebut, mungkin atau memang kali ya fangirl itu lebih ‘exploding’ terhadap idol mereka. Fangirl lebih banyak menghabiskan uang, menangis, atau senyum-senyum sendiri ketika ngelihat tingkah laku idol mereka. Agak susah sih ngebayangin buat para fanboy untuk menangis ketika idol-nya kena masalah. Berasa apa aja gitu.

Untuk lebih jelasnya, urbandictionary memberikan pencerahan tentang makhluk apakah fangirl itu?

fangirl

“A female who has overstepped the line between healthy fandom and indecent obsession.”

“Wanita yang telah melanggar batas diantara fandom yang sehat dan obsesi berlebihan.”

Rasanya, agak sedikit basi kalau kita ngomongin jenis fans yang seperti itu. Karena, pada kenyataannya belum tentu orang yang mengaku menjadi fans idol (biasanya) itu mengetahui seluk beluk idol mereka. Atau, sebagai contoh bisa jadi dia mengaku bahwa dia itu ELF (fandom Super Junior), tapi pada kenyataannya dia bahkan nggak hapal semua member Super Junior. -___- Apa banget, kan?

Dari hal itu juga, saya pun jadi tahu kalau ternyata fans itu nggak hanya satu macam. Saya pikir, fans itu hanya ada satu jenis : fans yang menyukai idolnya. That’s all. Itu sih pemikiran saya pas jaman SMP dulu, dimana saya adalah seorang fans DBSK5. Lalu, saat lagi iseng browsing tentang beraneka ragam jenis fans di blog ini, saya menemukan beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan panduan atau gambaran, fans jenis apakah Anda ini?

BRACE.YOUR.SELF

401939_10151853066510637_975457101_n

Stage 1 – Fans Biasa : 

images (2)

Fans pada jenis ini  menyukai keseluruhan band/idol. Mereka juga mendukung mereka dengan membeli album terbaru, poster dan merchandise, membaca artikel yang terdapat idol mereka, menonton performance mereka di Youtube *uhuk*, menonton konser, dan sebagainya. Nggak ada sesuatu yang special tentang mereka, hanya tipikal fans pada umumnya.

Stage 2 – Fans yang bekerja keras(?) :

images (3)
Hampir sama dengan fans biasa. Hanya saja, jenis fans yang ini adalah yang lebih terobsesi dengan idola mereka. Mereka bisa menunggu idol mereka di bandara ketika mengunjungi negara mereka dan mengikuti idol mereka saat berada di negara mereka.

Stage 3 – Stalker fans :

Nah, kalo yang ini bisa diibaratkan ‘upgrade’ dari stage 2. Bagi para fans di stage 3, mereka yang berada di stage 2 bisa dikatakan amatir. Jika fans stage 2 tahu dimana hotel tempat idol mereka berada, stage 3 tahu kamar dimana idol mereka tidur. Excactly! Jadi, nggak perlu kaget lagi kalo fans jenis ini bisa dapat kamar tepat di sebelah kamar idol mereka sehingga mereka bisa ‘curi dengar’. Tentu aja, mereka juga tahu dimana idol mereka tinggal, dan dengan bangga menghadang angin dan hujan untuk berkemah di luar untuk memonitor setiap pergerakan yang ada di dalam dorm idol mereka. Mereka tahu segalanya tentang idola mereka. Bahkan, bisa saja lebih baik dari idol itu sendiri dan manajer mereka. Ckck.

….and lastly…

The.Biggest.Issue.Here

Stage 4 – Sasaeng fan :

sasaeng

Kalau dikatakan dalam bilangan matematika, mereka adalah infinite. Tak terhingga. Tak berujung. Duh, a  whole new world deh. Kalau dibandingkan dengan fans stage 2 yang hanya tahu hotel idol mereka tempati, stage 3 yang tahu kamarnya dimana, stage 4 ini bisa jadi sudah menaruh alat rekaman mereka di dalam kamar mandi kamar hotel mereka dan meninggalkan pesan pada mesin penjawab bahkan sebelum idol mereka check-in!

OH.MY.GOD

So, what exactly is sasaeng fans?

sasaeng

sasaeng

Sebuah video diluncurkan oleh salah satu stasiun tv di Korea Selatan, terkait dengan sasaeng fans. Dalam video ini kita bisa mengenal lebih dekat apa itu sasaeng fans sesungguhnya.

Apa itu sasaeng fans?

Mudahnya atau jelasnya, sasaeng fans adalah fans yang mengikuti kegiatan pribadi idol untuk mencari tahu segala macam tentang mereka.

Apa perbedaan sasaeng fans dengan fans biasa?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000074458

Jika kalian kembali men-scrool ke atas, saya sudah menuliskan jenis-jenis fans. Tapi, untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskannya lebih lanjut. Sasaeng biasanya terus mengintai orang di sekitarnya untuk menemukan seseorang untuk memprovokasi pertengkaran. Tentu membosankan bukan jika menunggu idol untuk kembali dari kegiatan mereka? Jadi, mereka terus mengintai dan mencari seseorang untuk diajak berantem. Sasaeng biasanya tidak pergi ke sekolah hanya untuk melihat selebriti. Sasaeng juga rela tidur di tempat terbuka di depan rumah atau perusahaan idol mereka.

Apa yang biasanya dilakukan sasaeng fans?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000105125

Mereka biasanya menaruh pembalut di depan rumah artis/idol mereka. Lalu, mereka menerobos masuk ke dalam rumah untuk mencuri celana dalam idol mereka. Dan ketika artis/idol lewat di sekitar mereka, maka para sasaeng fans ini akan menaruh celana dalam mereka di tas idol mereka.

Kenapa mereka begitu terobsesi dengan kehidupan idol mereka?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000241083

Seorang sasaeng fans mengaku, dengan mengikuti idol mereka kemana-mana, mereka merasa lebih dekat dan lebih mengenal artis/idol yang mereka sukai. Jika kita berada dalam sebuah konser, akan ada ribuan atau bahkan puluhan ribu orang sehingga artis/idol mereka tidak akan sadar siapa mereka. Tapi, jika mereka adalah seorang sasaeng fans, artis/idol mereka tahu siapa mereka.

Tapi, pada intinya adalah bagi seorang sasaeng fans, keberadaan mereka yang disadari oleh artis/idol mereka adalah kebahagiaan bagi mereka.

Bagaimana cara mereka menemukan informasi tentang idol mereka?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000277041

Sebagai contoh, misalkan A adalah seorang sasaeng fans dan menyukai seorang penyanyi. Dan penyanyi itu memiliki seorang teman yang juga artis. Sasaeng fans itu melihat SNS dari mereka berdua. Mereka akan mengatakan dimana mereka berada dan apa yang mereka makan. Sasaeng fans itu dapat mencari lokasi/informasi keberadaan mereka dengan melihat SNS. Sasaeng fans yang berada pada range umur 20 tahunan akan mencari pekerjaan. Satu orang berada pada perusahaan telekomunikasi, satu orang lagi di perusahaan kartu kredit, satu yang lainnya di perusahaan situs portal internet, dan sebagainya. Ini adalah bagaimana para sasaeng fans mendapatkan informasi tentang idol mereka. Untuk mengetahui pergerakan idol mereka, sasaeng fans hanya perlu tinggal di tempat dimana idol mereka tinggal.

*SNS = Social Networking Service*

Dari mana para sasaeng fans mendapatkan uang?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000324500

Secara jujur, pelajar SMP dan SMA tidak akan melakukan kegiatan sasaeng sebanyak para sasaeng yang sudah bekerja. Apalagi, jika mereka juga membutuhkan hal lain untuk digunakan dari uang yang mereka punya. Untuk menjadi sasaeng fans, banyak sasaeng fans yang masih muda bahkan do prostitution. Ketika kamu melakukan kegiatan sasaeng, ada seorang pemimpin yang memiliki uang dalam jumlah banyak. Tetapi, orang tersebut tentu tidak akan terus menerus memiliki uang yang banyak. Jadi, sasaeng fans yang lainnya juga harus mencari uang. In order to stalk their favorite idol absolutely. Mereka melakuan prostitusi dengan mencari orang secara online. Selain itu, sasaeng fans juga membutuhkan dana sekitar 400.000 won untuk menggunakan jasa taksi sasaeng setiap hari-nya. Tapi, ada juga beberapa taksi yang memasang tarif 800.000 won. Dan jika sasaeng fans itu hanya punya 600.000 won saja, maka sisa 200.000won harus mereka bayar dengan tubuh mereka.

*400.000 won = sekitar 4juta rupiah*

*800.000 won = sekitar 8juta rupiah*

*200.000 won = sekitar 2juta rupiah*

Apa itu sasaeng taksi?

[ENG SUB] In Depth Look of Sasaeng Life.mp4_000371750

Sasaeng taksi adalah taksi yang digunakan para sasaeng dan memiliki harga yang tinggi untuk mengejar idola mereka. Sasaeng taksi inilah yang biasanya dipesan oleh para sasaeng dan cukup membahayakan keselamatan pengguna jalan raya. Taksi ini biasanya memasang tarif tinggi dan berjalan dengan kecepatan tinggi (antara 150-200km/jam).

Meskipun bertarif mahal, banyak sasaeng fans yang mengejar idola mereka dengan menggunakan sasaeng taksi ini. Mereka mengikuti idola yang pergi dari perusahaan rekaman mereka dengan menggunakan taksi ini. Dan ketika idola mereka keluar dari mobil, sasaeng fans juga keluar dari taksi agar keberadaan mereka disadari oleh idola mereka.

What did the sasaeng fans have done?

1331118429_539

Banyak. Banyak banget dan mungkin udah nggak kehitung lagi. Banyak aksi ekstrim yang dilakukan sasaeng fans kepada idolanya. Untuk lebih mudahnya, kita ambil contoh dengan group rookie yang emang lagi bersinar banget di Korea Selatan,EXO. Seperti kita ketahui bersama, EXO merupakan boyband di bawah naungan SM Entertainment, tempat Super Junior dan DBSK meraih kesuksesan mereka. Sayangnya, ketenaran mereka tidak dibarengi dengan ketenangan mereka dalam menghadapi para sasaeng fans yang cukup brutal. Belum lagi, saya sempat membaca salah satu komentar netizen bahwa 75% sasaeng fans exo adalah mantan sasaeng fans DBSK. Habislah sudah.

2013093001002522800190891_59_20130929164105

Masih ingat dengan kasus Yoochun JYJ yang ditampar oleh sasaeng fans? Atau kasus terbaru yang dialami oleh EXO yakni, sasaeng fans yang merusak pernikahan kakak Baekhyun, salah satu member EXO seperti pada artikel berikut ini [1] [2] . Sebelumnya, banyak hal yang sudah dialami oleh EXO. Beberapa blog telah merangkum kegiatan sasaeng fans EXO seperti terlampir disini [1] [2].  Lebih gampangnya, berikut ada rangkuman beberapa kejadian yang menimpa EXO.

Untitled

  1. Sasaeng fans membeli mobil yang sama persis dengan EXO dan menggunakannya untuk menunggu jadwal EXO. Luhan pernah hampir saja masuk ke dalam mobil sasaeng fans itu. Tapi, untungnya manajer EXO melihatnya dan langsung menariknya ke mobil milik EXO.
  2. D.O. pernah mendapatkan luka di matanya karena ‘daepo sasaeng’ (daepo = DSLR camera) memukul matanya.
  3. Tao sedang berada di hotel dan sasaeng fans memasang alat rekam di kamar mandi yang merekam suara Tao sedang mandi dan menyanyi.
  4. Insiden teddy bear. Menurut penuturan netizen, Kai pernah mendapatkan hadiah teddy bear dari seorang fans ketika berada di airport. Boneka itu tidak bisa melewati keamanan bandara. Dan ketika dicari, ternyata petugas bandara menemukan ada kamera tersembunyi di mata teddy bear tersebut.
  5. Lay kembali ke ruang tunggu dan menemukan semua tas member EXO dalam keadaan terbuka dan isinya yang berada di luar tas dalam keadaan berantakan
  6. Sasaeng fans memasukkan sesuatu ke dalam tas member EXO lalu kabur dan ternyata isinya adalah celana dalamnya!
  7. Sehun dan Luhan mengalami pelecehan seksual oleh sasaeng fans
  8. Sasaeng fans berada di luar dorm EXO dan ketika orang-orang bertanya apa yang sedang mereka lakukan, mereka menjawab bahwa mereka sedang mencoba mencari potongan rambut member EXO yang terjatuh.

Untitled

Sayangnya nggak, Baekki sayang~ Itulah yang mereka lakukan. Dan kalau kalian mau coba menelusur lebih lanjut tentang kegiatan sasaeng fans, akan ada banyak daftar hitam yang mereka telah lakukan. Seperti menulis surat dengan darah menstruasi, memasang kamera pengintai, atau nerobos masuk ke dalam rumah idol.

Mengganggu? Tentu saja. Sasaeng fans seharusnya bisa berada di luar batas antara idola dan penggemar. Tapi, mereka tetap berusaha untuk merontokkan statement itu dan berusaha menarik perhatian idol mereka, apapun dan bagaimanapun caranya. Bahkan, tak jarang dari mereka yang menggunkaan cara ekstrim untuk menarik perhatian idol mereka.

Jadi?

fans

Fans merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari idola. Tanpa fans, idola bukanlah apa-apa. Tapi, tindakan fans yang berlebihan juga tidak bisa dibenarkan. Walaupun idol merupakan sosok yang dibentuk oleh perusahaan tempatnya bernaung, idol juga manusia biasa. Mereka membutuhkan waktu pribadi untuk diri mereka sendiri, teman, dan keluarga.

Buat sasaeng fans ini, emang rada susah kalau diambil tindakan hukum karena rerata yang menjadi sasaeng fans adalah anak yang masih sekolah which means masih dibawah umur (19 tahun ke bawah). Mereka ini tentu tidak akan mendapatkan hukuman penuh dari apa yang mereka lakukan. Dan juga, tentu saja sasaeng fans walaupun seperti parasit, mereka adalah orang yang paling tahu tentang idola mereka. Mereka bisa saja membeberkan segala hal tentang idol mereka, keburukan mereka, atau bahkan mengancam idol mereka *begidik*

Kalau menurut saya, sasaeng fans ini sebenernya bisa diberdayakan loh. Masih inget kan kasus hacker muda yang jadi agen CIA? Kedua jenis makhluk(?) ini sebenarnya hampir serupa. Mereka menginginkan pengakuan. Nah, tinggal bagaimana pihak-pihak yang merasa dirugikan atau pihak berwajib menangani sasaeng fans ini secara tepat. Nggak mau kan tingkat prostitusi bertambah karena jumlah sasaeng fans yang membludak? Anak sekolah yang banyak bolos sekolah demi mengejar idolanya? Mungkin, sasaeng fans ini bisa diberdayakan untuk mengikuti para koruptor yang nggak tahu malu dan masih berkeliaran? BIsa bisa. Bisa jadi.😀

Anyway, big thanks buat nenek Rifda dan Upi yang udah jadi teman diskusi buat masalah ini. Tuh, udah gue masukin nama kalian. Jangan stalkerin gue lagi yak?😄

 

How’s your opinion about sasaeng fans?


14 thoughts on “{Sunday Sugar} Sasaeng : Ketika Fans dan Idola Sudah Tidak Ada Batas

  1. Sasaeng. Astaga tuhan. Sebegitunya kah? Padahal menurutku fans yang berada/tinggal di negara yang sama dengan idol itu aja udah keberuntungan banget. Bisa nonton Live performance dengan mudah. Setidaknya nggak butuh tiket pesawat dan tetek bengeknya kan? Ehhh~
    Nah ini malah bikin semacam terror. Lebih mirip antifans, eh? Fans biasanya nih, ya biasanya, bikin adem ayem bukannya bikin surprise mirip terror yang bikin idol takut. Rawr~
    Aku sih astaga pasti udah seneng baget bisa sering nonton Live performance maupun attending fan signing. Duhhhh >_<

    1. iya. aku juga kalo udah berada di tempat yang sama udah seneng banget. mungkin karena pihak manajemennya juga ga memberi perlakuan tegas/keras sama sasaengnya karena sasaeng pasti tahu luar-dalem baik-busuknya idol mereka.

  2. Asdfghjkl sasaeng fans wuiiih!!!! gilaa… mereka rela jual tubuh buat ngejar idol mereka? dari pada habisin uang berjuta-juta mending itu uang buat beli hp baru atau apa yang berguna gitu. Cepet sadar deh sasaeng fans–” gak tega idol diganggu privasinya.

  3. Gila banget. Menurut aku sih agency yang tidak menindak tegas sasaeng fans adalah karena sasaeng jg memberi kontribusi besar. Buktinya kayak album growl exo kemarin. Ada seorang sasaeng yg saking fanatiknya sama exo rela beli 30 album growl buat dapetin semua photo card member exo. Padahal kan isi albumnya semua sama aja -_-
    Itu baru satu orang sasaeng. Gimana kalau lebih. Apa sm gak untung banget

    1. bener. itu bisa jadi salah satu alasan kenapa agensi tetap membiarkan para sasaeng berkeliaran. selain itu, hukum di Korea tidak bisa menjerat anak di bawah umur (para sasaeng rata-rata di bawah umur). Selain itu, sasaeng juga tahu rahasia para idol loh. Mereka lagi pacaran dengan siapa. Mereka straight atau ‘belok’? Kalau sasaeng sampe nyebarin berita ini ke media disertai dengan bukti buktinya? Bisa habis kan riwayat para idol?

  4. Omoo, Jinjjaa!!:o Itu beneraan,,?! Sungguh??! Aku sampe ga percaya, + ketawa sendiri lohh,,:O =) =)) =D, Aku kiraa, Aku udh Fans yg lumayan agak ‘berlebihan’ daan, sebelum Aku kenal, “Bgtt” sm si Sasaeng-Sasaeng Fan’s inii, Aku kiraa, Sasaeng Fans ituu, kayak akuu:D yg udh afal, Hampir semua lagu-nya EXO, tau Kesukaannya, ‘baru pengen beli’ barang2-nya, dll,, pokoknya lengkap deeh,, ehh, ternyataa .. Itu blm seberapa, dan masih ada yg lebih, lebih, lebih, “EXTREME” lagii!!:o OMG .. Aku gaak nyangka looh,,:O benerann…….. Hehee:D

  5. thanks god yernyata aku masi di tingkat fans biasa lol
    tapi fans biasa aja uda biasa diceramahi lmao
    ‘pergi siang balik malem cuma buat liat org joget’ ‘duit segitu mending buat travelling, klo cuma joget aku juga bisa’ « kata2 yg plg sering kudapet pas pergi konser
    jawabannya cuma ‘he caught my attention babe!’
    klo founder fansite gt masuk sesaeng kah? I need them bgt malah lmao tapi please don’t be rude ‘nakal’ sedikit mungkin bole2 aja lol

    1. hahaha. yeah, terkadang itu sih masalah kita. orang tuh nganggep bahwa kegiatan kaya gitu ga bermanfaat. tapi, siapa yang tahu sih kecuali fans?

      yeah, that’s actually different between travelling and watching concert. orang yang ngomong kaya gitu bisa jadi belum pernah ngelakuin keduanya.

  6. Ya allah bersyukur masih ditingkat fans biasa karena aku mikirnya ke ortu hehehe. Moga sasaeng dapet pencerahan masa depan mereka bukan ada ditangan idola mereka. Ok segitu aja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s