SWOT, What Kind of Food is This?

SWOT

Hahaha. Janganlah percaya kalau aku udah ngomong yang aneh-aneh. Kali ini, aku mau posting salah satu hasil karya Tugas aku jaman semester satu dulu, biar nggak jamuran di laptop dan juga biar keren. #jeder. Waktu itu, aku mikir. Ini kenapa jurusan Ilmu Perpustakaan malah belajar tentang Manajemen. SWOT itu kan salah satu bagian dari Manajemen? Dan setelah tahu, ya akhirnya tahu juga kenapa manajemen itu ada di Ilmu Perpustakaan. Dan nama mata kuliah itu adalah Analisis Lembaga Informasi atau disingkat ALI. Untuk rincian mata kuliah dan keluh kesahnya, mungkin bisa kali ya diposting di postingan selanjutnya. Hihi.

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada tahun 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Metoda analisa SWOT bisa dianggap sebagai metoda analisa yang paling dasar, yang berguna untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisa SWOT akan membantu kita untuk melihat sisi-sisi yg terlupakan atau tidak terlihat selama ini.

  • Strength (Kekuatan)
  1. Knowledge atau kepakaran yg dimiliki
  2. Produk baru atau pelayanan yg unik
  3. Lokasi tempat perusahaan berada
  4. Kualitas produk atau proses
  • Weakness (Kelemahan)
  1. Kurangnya pengetahuan marketing
  2. Produk yg tidak dapat dibedakan dgn produk kompetitor
  3. Lokasi perusahaan yg terpencil
  4. Kualitas produk yg jelek
  5. Reputasi yg buruk
  • Opportunity (kesempatan)
  1. Pasar yg berkembang
  2. Penggabungan 2-3 perusahaan atau aliansi
  3. Segmen pasar yg baru
  4. Pasar internasional
  5. Pasar yg luang karena kompetitor yg tidak sanggup memenuhi permintaan customer
  • Threatness  (ancaman)
  1. Kompetitor baru di area yg sama
  2. Persaingan harga dgn kompetitor
  3. Kompetitor mengeluarkan produk baru yg inovatif
  4. Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar
  5. Diperkenalkannya pajak penjualan

 

ANALISIS SWOT PERUSAHAAN KOSMETIK MAKARIZO

 

Strength (Kelebihan)

1. Produk-Produk Makarizo untuk Gaya Rambut memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhannya.

2. Dengan menggunakan produk Makarizo, kamu dapat merubah penampilan dari rambut keriting menjadi lurus atau dari rambut lurus menjadi keriting, memberi warna untuk rambutmu dengan berbagai macam pilihan dari warna natural hingga warna yang mengikuti fashion.

3. Makarizo juga menyediakan produk-produk untuk pemakai profesional/salon maupun untuk dipakai dirumah.

4. Makarizo mengembangkan berbagai macam produk Perawatan Rambut yang akan sangat berguna bagimu. Berbagai macam masalah rambut bisa mendapatkan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya

5. Makarizo memberikan berbagai tips perawatan dan gaya rambut sesuai keinginan dan trend.

 

Weakness (Kelemahan)

1. Dari segi Harga produk makarizo relatif lebih mahal tapi sesuai dengan hasilnya.

2. Dari segi pemasaran produk ini hanya ditemukan di tempat – tempat tertentu .

3. Karena masih baru produk ini kurang begitu dikenal dari produk lainnya yang sudah lama beredar .
Opportunity (Peluang)

Dapat menjadi trend center Produk perawatan rambut di masa yang akan datang dengan semakin gencarnya promosi yang dilakukan serta penambahan inovasi produk yang disesuaikan dengan permintaan pasar .
Threatness (Ancaman)

Adanya produk – produk lain yang sejenis yang bermunculan dengan variasi berbeda seperti laurent, vienna, oriflame, Acl dengan kualitas yang sedikit dibawah makarizo tetapi mempunyai harga jual yang relatif terjangkau .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s