{Library Visit} Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Library

USBI

Ada yang tahu Universitas satu ini? Mungkin, bagi kalian yang tinggal di daerah jarang kali yang tahu universitas ini. Tapi, kalau denger kata Sampoerna pasti kalian tahu dong? Nah, ini adalah pengembangan dari SSE dan SSB dari Sampoerna Foundation. Perpustakaannya sendiri terletak di Jalan Mt. Haryono Kav. 58-60 Jakarta. Begitu masuk, langsung deh. Brrrr. Dingin dan yak~ bertemu langsung abang satpam *modus dulu* #eh nggak ding, langsung ke perpustakaannya yang ada di samping kiri. Yuk~ Ikut masuk ke dalam😀

PROFIL PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SISWA BANGSA INTERNASIONAL (USBI)

Pada tahun 2009, Putera Sampoerna Foundation (PSF) mendirikan Sampoerna School of Education (SSE) untuk  mengatasi terbatasnya jumlah guru matematika dan bahasa Inggris yang berkualitas tinggi di Indonesia. Lalu kemudian, pada tahun 2010 PSF membentuk Sampoerna School of Business (SSB) yang menawarkan program sarjana di bidang akuntansi, keuangan, pemasaran, dan manajemen.

Pada 2013, baik SSE maupun SSB diluncurkan kembali sebagai Fakultas Pendidikan dan Fakultas Bisnis dan Ekonomi. Selain itu, juga diluncurkan bersama dengan fakultas baru lainnya, yakni Fakultas Seni, Desain dan Media dan Fakultas Sains dan Teknologi, serta Institut baru Bahasa dan Komunikasi.

Perpustakaan USBI berawal dari 2 perpustakaan yang berbeda, yakni dari Sampoerna School Of Education (SSE) dan Samporna School Of Businness (SSBs) yang mempunyai perpustakaan masing-masing.  SSE memiliki perpustakaan sendiri di daerah Tendean. Lalu, Sampoerna berencana untuk mendirikan Universitas sendiri yang terdiri dari dua fakultas. Hingga pada tahun 2012, terdapat proyek dari sampoerna untuk membuat sebuah universitas, yang menjadikan SSE dan SSB menjadi fakultas. Oleh sebab itu, perpustakaan yang berada di dua tempat tersebut di gabung dan menganut sistem centralised.

 

MANAJEMEN LAYANAN

Jam operasional : Senin – Jumat = 08.00 – 21.00

Sabtu              = 09.00 – 15.00

Hari libur  tutup

Perpustakaan USBI sudah memakai sistem online yakni lontar. Sistem ini merupakan sistem yang dibangun atas kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia. Sayangnya, untuk penggunaaan OPAC masih belum maksimal.

opac

 Salah satu OPAC yang bisa digunakan oleh Mahasiswa USBI

Dalam perpustakaan USBI, terdapat sistem pemesanan buku untuk mahasiswa yang membutuhkan buku pada waktu yang dia butuhkan. Mahasiswa bisa memesan langsung kepada pustakawan yang berada di alur sirkulasi perpustakaan USBI untuk pemesanan buku. Jika buku yang dipesan sudah ada, maka buku dapat dipinjam oleh mahasiswa. Ada mesin “Self Borrowing” dimana para pengguna tidak perlu lagi menuju staff untuk meminjam buku. Untuk mesin ini, masih belum digunakan secara optimal. Untuk layanan peminjaman buku, pada awal peminjaman bisa mencapai 14 hari. Jika melakukan perpanjangan akan di tambah 7 hari. Jadi, total para pengguna dapat meminjam buku dengan akumulasi maksimal 21 hari. Untuk layanan perpanjangan buku dapat dilakukan dengan cara membawa buku tersebut langsung ke perpustakaan.

loker USBI

Loker yang digunakan untuk menyimpan barang

Demi menjamin kenyamanan pengunjung perpustakaan USBI yang umumnya merupakan mahasiswa dan dosen USBI, maka perpustakaan USBI menyediakan loker untuk menaruh barang bawaan mereka.

 

diskusi

Ruang diskusi

Selain itu, terdapat ruang diskusi yang berada di dalam dan luar perpustakaan. Ruangan ini didesain khusus untuk para mahasiswa yang ingin melakukan diskusi. Perpustakaan juga dilengkapi sistem keamanan beralarm, dimana alarm akan berbunyi apabila buku yang akan dipinjam tidak masuk ke dalam sistem.

 sensor

Alarm

Perpustakaan USBI memiliki rencana pelebaran perpustakaan karena gedung tempat perpustakaan USBI masih merupakan gedung yang disewa. Sesuai dengan proyek yang akan dicanangkan oleh Sampoerna Foundation mengenai pembuatan Universitas yang terintegritas, maka perpustakaan wajib memiliki gedung sendiri.

 

 MANAJEMEN KOLEKSI

reserve

Buku Reserve atau Buku Tandon

Koleksi pada perpustakaan USBI terdiri atas 9000 koleksi yang berada di rak, belum termasuk koleksi bahan pustaka yang belum didata. Buku ditata dalam delapan rak utama dan satu rak referensi. Khusus untuk kelas 300 pada klasifikasi DDC, perpustakaan USBI memiliki koleksi hingga dua rak buku. Ada satu rak buku yang ditandai dengan reserve, yang kemudian bisa diartikan sebagai buku tandon. Buku pada rak reserve merupakan buku yang ada di silabus di tiap mata kuliah. Satu judul diadakan empat eksemplar supaya mahasiswa dapat melakukan akses dan tidak bisa dipinjam.

 majalah

Beberapa contoh majalah yang dilanggan

            Perpustakaan USBI juga melanggan jurnal, seperti jurnal pendidikan dan jurnal bisnis. Selain itu, perpustakaan juga melanggan jurnal online seperti proquest, emerald, jstore, dan sebagianya.

 IPAD

IPAD yang bisa dipinjam untuk akses internet. Sayang, nggak boleh dibawa pulang.😛

            Hal yang berbeda dari perpustakaan USBI dan perpustakan universitas lainnya adalah adanya  IPAD yang bisa dipinjamkan kepada mahasiswa dan dosen dengan batas waktu pinjam 2 jam. Terdapat dua puluh item IPAD yang bisa dipinjam untuk akses internet di dalam perpustakaan USBI.  Tujuan peminjaman IPAD ini adalah untuk memberikan akses internet lebih kepada mahasiswa dan dosen dikarenakan terbatasnya PC yang terdapat pada perpustakaan.

 

MANAJEMEN SDM

Untuk struktur organisasi dalam perpustakaan USBI sekarang ini masih sangat sederhana, yaitu terdiri dari 2 pustakawan. Salah satu pustakawan bertugas sebagai pelayanan dan sistem, sedangkan pustakawan lainnya bertugas sebagai pengembang koleksi. Kedua pustakawan tersebut bertanggung jawab langsung ke Vice-Rector of Academic.

Dalam waktu dekat, perpustakaan ini  berencana merekrut beberapa pustakawan dan akan membuat struktur organisasi seperti berikut :

ilus

 Ilustrasi 

 Jadi, nantinya struktur organisasi perpustakaan USBI ini terdiri dari kepala perpustakaan yang membawahi dua manajer, yaitu service and system librarian (SSL) dan collection development librarian (CDL). Di bawah SSL, terdapat staff perpustakaan yang mengurusi konten dari perpustakaan dan staff untuk memberikan bimbingan kepada pemustaka. Sedangkan untuk CDL, membawahi staff dalam hal pengadaan dan sirkulasi perpustakaan.

 

MANAJEMEN GEDUNG dan FASILITAS

Perpustakaan USBI ini masih menyatu dengan gedung kampus, dan dalam waktu dua tahun ke depan akan membangun gedung perpustakaan sendiri. Untuk fasilitas di dalam perpustakaan sendiri cukup memadai dalam penyelenggaraan perpustakaan, terdapat sekitar dua puluh komputer yang bisa digunakan mahasiswa untuk digunakan dalam kegiatan kuliah dan mengerjakan tugas didukung juga koneksi Wifi untuk mengunjungi situs web. Selain itu tedapat ruang baca yang nyaman lalu terdapat ruang diskusi untuk para mahasiswa dan dosen serta ruang multimedia.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Perpustakaan USBI sebagai perpustakaan baru yang sedang berkembang merupakan salah satu contoh perpustakan universitas yang nyaman dan lengkap. Hanya saja, perlu dilakukan perbaikan di beberapa bidang layanan, seperti jumlah koleksi dan perluasan perpustakaan.

Saran :

–          Perlu penambahan pustakawan/pegawai karena jumlahnya masih sangat minim

–          Perlu pendidikan tentang penggunaan OPAC karena mahasiswa masih sering mendatangi rak langsung dan jika mereka sudah menyerah untuk mencari di rak, para pemustaka mendatangi pustakawan untuk menanyakan informasi tentang buku yang mereka cari.

 

FYI, yang mau dateng mungkin nggak bisa sebebas masuk perpustakaan pada umumnya karena perpustakaan USBI ini memang ditujukan khusus untuk mahasiswa disana. Saya bisa masuk ke sana selain karena untuk tugas laporan observasi bareng Yodha dan Fadhil, temen saya juga karena ada senior Ilmu Perpustakaan UI dan UNPAD yang berbaik hati memberikan informasi mengenai perpustakaan USBI.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s