{Library Visit} Korean Cultural Center Indonesia Library

KCCI

Bukan. Kunjungan ini bukan karena gue yang tergila-gila sama Korea. Sebenernya, ini udah mager banget buat nyari perpustakaan khusus yang available dan enak tempatnya. Jadi, ya perpus KCCI ini dijadiin sasasran buat objek kunjungan. Dulu, waktu jaman maba *uhuk*, gue bareng temen-temen yang lain sering banget kesini. Entah buat jalan-jalan karena jurusan kita terlalu nggabut, tugas observasi perpustakaan juga, atau sekedar main internet *yang ini kurang kerjaan*

PROFIL PERPUSTAKAAN Korean Culture Center Indonesia (KCCI)

Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) berdiri pada tanggal 18 Juli 2011. KCCI didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menyebarkan kebudayaan Korea di Indonesia, meningkatkan persahabatan antara kedua negara melalui pertukaran kebudayaan dan sumber daya manusia, dan meningkatkan pemahaman antar dua negara tersebut. Pendirian perpustakaan KCCI berlangsung seiring dengan pembangunan KCCI itu sendiri.

 library

Perpustakaan KCCI dari luar

Perpustakaan KCCI yang diberi nama 집현전 (Jib Hyeon Jeon)  adalah perpustakaan yang terdapat koleksi buku dalam bahasa Inggris dan Korea, beserta DVD film dan drama, CD music, dan koleksi lainnya. Para pengunjung dibebaskan untuk membaca buku koleksi milik KCCI. Akan tetapi, jika pengunjung ingin meminjam, maka pengunjung diwajibkan untuk memiliki kartu anggota.

MANAJEMEN LAYANAN

Jam operasional :  Senin – Jumat     = 08.00 – 21.00

Sabtu – Minggu = 09.00 – 15.00

Tutup atau tidaknya di hari libur akan mendapatkan pemberitahuan

lebih lanjut melalui akun sosial media KCCI

 OPAC1

Sistem Pencarian Otomatis/OPAC milik Perpustakaan KCCI

Perpustakaan KCCI tidak mempunyai katalog dalam bentuk kartu. Akan tetapi, KCCI menyediakan layanan OPAC yang masih dalam tahap pengembangan. Untuk pencarian terhadap koleksi yang terdapat pada perpustakaan KCCI itu sendiri, pengunjung lebih memilih untuk mencari langsung pada rak buku. Selain karena koleksi sudah tersusun secara sistematis dan menggunakan sistem klasifikasi DDC, pengunjung juga bisa meminta bantuan pustakawan Perpustakaan KCCI untuk mencarikan buku yang ingin dibaca atau dipinjam.

 kartu anggota

Kartu anggota. Mukanya nggak perlu disensor, kan?😄

Keanggotaan perpustakaan bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri pada bagian resepsionis KCCI yang akan membantu pengunjung untuk mengisi aplikasi untuk diisi. Setelah mendapatkan kartu anggota, pengunjung secara otomatis telah resmi menjadi anggota KCCI sekaligus perpustakaan KCCI dan berhak melakukan kegiatan peminjaman terhadap koleksi.

Antuasiasme pengunjung terhadap koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan KCCI cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan tingkat peminjaman yang cukup tinggi. Sayangnya, untuk pencatatan buku yang keluar masuk pada perpustakaan KCCI ini masih dilakukan secara manual dengan mengetikkan pada lembar kerja Ms. Excell oleh pustakawan perpustakaan KCCI tersebut.

Publikasi perpustakaan KCCI sendiri terdapat pada brosur yang terdapat di bagian depan atau resepsionis dan website KCCI. Pengunjung juga bisa melihat daftar koleksi melalui website KCCI.

MANAJEMEN KOLEKSI

koleksi

Koleksi buku yang tertata rapi

Koleksi di perpustakaan KCCI terdiri atas referensi, majalah, buku pendidikan, atlas, tandon, dvd/vcd, ensiklopedia, dan koleksi spesial Dokdo. Peminjaman koleksi hanya bisa dilakukan oleh anggota yang terdaftar di KCCI. Koleksi tersebut berasal dari pemberian dari pemerintah Korea Selatan dan pembelian oleh KCCI itu sendiri.

dvd

 Koleksi DVD! Ada pororo~~ >.<

Perpustakaan KCCI memiliki 800 koleksi buku dan 100 koleksi dvd/vcd (film, dokumenter, drama, dan musik), dengan jumlah anggota lebih dari 2000. Koleksi ini terus bertambah, seperti koleksi referensi dan majalah yang didatangkan langsung dari Korea sejumlah 1 dus (40 buku) per bulannya. Jumlah koleksi KCCI ini memenuhi kebutuhan pengguna perpustakaan secara menyeluruh.

Koleksi di perpustakaan KCCI banyak yang merupakan koleksi spesial, seperti :

– Adat dan Sejarah Lokal

– Referensi

– Pariwisata

– Pendidikan di Korea

Untuk koleksi spesial ini, penempatannya terpisah dengan koleksi biasa. Umumnya, koleksi ini tidak mengalami pengklasifikasian seperti buku lainnya. Koleksi ini hanya dikumpulkan dalam satu tempat.

Perpustakaan KCCI tidak memiliki skenario khusus dalam pengadaan jumlah koleksi. Sebab, koleksi di perpustakaan KCCI rata-rata merupakan koleksi homogen dimana pengunjung memang hanya mencari buku dengan tema yang sama.

 

MANAJEMEN SDM

Hanya terdapat satu petugas non pustakawan yang merangkap sebagai manajer informasi pada perpustakaan KCCI. Hal ini dikarenakan perpustakaan KCCI merupakan perpustakaan kecil dan tidak ada rencana untuk memperlebar gedung perpustakaan.

 

MANAJEMEN GEDUNG DAN FASILITAS

Gedung cukup nyaman dan penataan koleksi cukup baik. Hal ini terlihat dari buku yang tetap tersusun rapi dan susunan koleksi cukup bagus atau tidak ada buku yang terpencar.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Perpustakaan KCCI merupakan perpustakaan khusus yang sudah memiliki koleksi cukup lengkap dan pengunjung sudah merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Koleksi pun tersusun rapi dan pengunjung diberikan banyak kemudahan untuk mengakses koleksi, meskipun perpustakaan KCCI sendiri termasuk jenis perpustakaan tertutup dimana hanya anggota saja yang bisa melakukan pinjaman terhadap koleksi yang dimiliki KCCI.

Saran :

–          Perlu diadakan promosi lebih lanjut. Sebab, pengunjung KCCI lebih terfokus untuk mendatangi area pameran atau seminar jika berada di KCCI

–          Untuk pengadaan koleksi, ada baiknya ditambahkan koleksi dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya dalam bahasa Inggris dan Korea saja karena tidak semua pengunjung mampu menggunakan kedua bahasa tersebut dengan baik.

–          Perlu adanya tambahan staff untuk membantu mengurus koleksi buku dan DVD pada perpustakaan KCCI.

 

Nah, yang mau dateng langsung, bisa dateng ke Equity Tower 17th Fl, SCBD Lot 9, Jl. Sudirman Kav 52-53, Jakarta. Lift-nya bisa buat foto-foto loh. :p *pengalaman pribadi*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s