Implementasi Teknologi Primo V.2 dan V.3 di Perpustakaan Universitas Yonsei, Korea Selatan : Sebuah Studi Kasus

Yonsei University

 

One day, I’ll be here!

 

Buset dah. Itu adalah judul artikel terpanjang yang pernah saya bikin. Dan yah~ Nggak tahu karena keasyikan bikin artikel atau emang doyan sama materinya, saya jadi nulis panjang lebar padahal bahan bacaan yang saya baca nggak sebanyak temen-temen lainnya. Sebenernya, ini adalah tugas dari dosen MPD (baca : Manajemen Perpustakaan Digital) *keren ya?* dalam rangka UTS. Okelah.

 

Saya baru nyadar deadline-nya sehari sebelum pengumpulan tugas. *jeder* Saya pun baru membuka tema yang harus dibahas dalam jurnal ya saat itu juga. *doublefacepalm* Dengan secepat kilat saya mencari dan menelusuri. Hingga akhirnya, teringat dengan presentasi awal saat masuk kelas ini. Kelompok saya membahas tentang ‘Building a Virtual Library’ dan saya pun membandingkan perpustakaan Universitas South Florida dengan perpustakaan Yonsei University.

Berhubung Yonsei University adalah salah satu universitas inceran saya *amin*, maka dengan semangat 45 saya langsung cari bahan. Ubek-ubek dan akhirnya ketemu dan mulailah perjuangan saya untuk membuat artikel jurnal dengan minimal jumlah halaman 10 halaman. AFFAAHHH!! Ini adalah karangan terberat saya sepanjang masa. *lebai* Lebih enak deh bikin fanfiction sampai 60 halaman dibandingkan bikin artikel. Fanfiction kan bisa ngarang bebas. Lah, kalau jurnal masa saya bikin teori baru? Bisa langsung dapet nilai C ntar.

Dan akhirnya,  finally saya berhasil menyelesaikan tugas ini dengan pantat panas nggak karuan gegara begadang sampe jam tiga pagi. Ffyuh~ Kalo iseng pengin baca, monggo dibaca. Siapa tahu makin bingung. #eh Buat gambaran singkatnya, aku kasih abstraknya dulu dalam bahasa Indonesia. Kalo masih berminat, bisa download file PDF-nya.

 

Abstrak

Artikel jurnal ini mendiskusikan pengimplementasian teknologi informasi pada Perpustakaan Universitas Yonsei dengan menggunakan Primo V.2 dan V.3 sebagai sistem yang berintegrasi dengan sistem perpustakaan baru. Perubahan internal dan eksternal lingkungan Perpustakaan Universitas Yonsei merupakan masalah yang harus dievaluasi oleh pustakawan Perpustakaan Universitas Yonsei. Dengan penelusuran secara menyeluruh serta peran aktif dari pustakawan, diharapkan masalah yang timbul dari kegiatan di perpustakaan digital Universitas Yonsei mampu diselesaikan dengan baik. Selain itu, harus terdapat acuan vital dalam kegiatan perpustakaan digital. Dampak positif dan negatif dari penggunaan Primo sebagai sistem patut dijadikan kajian dan evaluasi bagi Perpustakaan Universitas Yonsei untuk terus melakukan perbaikan pelayanan dan sistem temu balik informasi.

Kata kunci : Informasi, teknologi, Yonsei, Primo

 

Full artikel-nya bisa diunduh DISINI


Leave a Reply

