Jailolo, Eksotisme Timur Indonesia

Liburan_gratis_Jailolo

Tulisan ini diikutkan dalam Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo

Siapa yang kenal Jailolo? Tak banyak orang yang kenal akan Jailolo. Saya pun tahu karena teringat pelajaran IPS waktu SD. Tentu akan lebih banyak orang yang mengenal Raja Ampat dibandingkan Jailolo. Padahal, Jailolo memiliki apa yang juga dimiliki Raja Ampat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.

Festival ini berulang kali meraih kesuksesan. Apalagi, partisipasi warga Pulau Jailolo yang turut meramaikan acara. Festival Jailolo, menunjukkan keberagaman budaya bangsa Indonesia yang secara langsung akan menarik perhatian para pengunjung yang hadir. Mereka akan disuguhi beragam pagelaran menarik dan unik yang tidak bisa mereka temukan di tempat lain, seperti Cakalele, Soya-soya, Legu Sarai, serta acara kuliner kolosal yang pasti akan menggugah selera anda. Festival Jailolo biasanya dimulai dengan upacara pembukaan di Teluk Jailolo yang diikuti kompetisi olahraga pada hari berikutnya. Salah satu kegiatan khas bahari, memancing juga merupakan sebuah tradisi dimana semua orang diundang untuk bergabung bersama. Anda, yang suka memancing tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini begitu saja.

festival_teluk_jailolo_2013_diving2

Pemandangan bawah laut Jailolo pun tidak kalah indah. Warna biru laut yang terang serta karang yang masih tumbuh dengan baik, akan menjadi spot-spot menarik bagi para penyelam, pada khususnya.

Selain itu, Terdapat pula beberapa diskusi penting yang membahas mengenai kebudayaan masyarakat Jailolo serta pemilihan Duta Bahari. Festival ini tidak serta-merta hanya perayaan biasa. Tapi, banyak sekali unsur budaya yang tertanam dalam festival ini.

Festival_teluk_jailolo_2012

Festival Teluk Jailolo yang kaya akan budaya lokal membuat penulis ingin melihat secara langsung bagaimana festival itu berlangsung. Berinteraksi dengan keramahan warga Jailolo dan merasakan kemeriahan acara merupakan hal yang paling dinanti dalam acara ini.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan acara ini? Sederhana saja. Kita memiliki situs jejaring sosial yang bisa diakses secara gratis. Kita juga bisa mengadakan lomba foto yang mengeksplorasi keindahan Teluk Jailolo kepada khalayak umum. Dengan dua cara ini, apabila dibarengi dengan usaha yang tak kalah giatnya dari penduduk daerah, tentu akan mendapatkan respon positif dari para pecinta travelling.

sumber gambar : disini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s